Komparasi Mesin New Jupiter MX 2011 VS Honda CS1

Mas bro semua, Yamaha baru saja melakukan perombakan  terhadap bebek supernya Jupiter MX. Bukan cuma sekedar ganti baju doank, tetapi Yamaha juga melakukan upgrade bagian mesin terutama pada gearbox versi manual clutch menjadi 5 speed, Wow. Tidak hanya dari sisi transmisi saja yang berubah, namun Yamaha juga menyematkan Kruk as dan crank case baru yang pastinya terjadi perubahan performa dari Jupi MX terdahulu. Pabrikan mengklaim terjadi peningkatan power pada Jupi MX terbaru  sebesar 1,19 HP menjadi 12,52 HP / 8500 rpm dan torsi 12,14 Nm/6000 Rpm. Hmm pastinya Jupiter MX baru ini makin kencang dan cepat berakselerasi. Berdasarkan klaim pabrikan, power jupiter MX yang baru ini hampir sama dengan power bebek supernya Honda, yaitu Si mini multistrada Honda CS1 :D. Dari data pabrikan honda, CS 1 mampu menyemburkan tenaga sebesar 12,8 PS atau  setara (12,54 HP)/10000 rpm dengan torsi sebesar 1,04 Kgf.m atau setara (10,4Nm)/8500rpm cmiiw.

Jika dilihat dari data pabrikan diatas Cs1 menang tipis dari sisi power, namun kalah dari sisi torsi, mungkin karakter ini di dapat dari tipe mesin yang over bore yang memiliki karakteristik tenaga besar diputaran atas. Berbeda dengan Jupiter MX yang lebih mengandalkan torsi dari pada tenaga mesin, karakter ini lebih cocok untuk mobilitas perkotaan yang stop n go, dan lebih mengandalkan akselerasi dari pada top speed. Tetapi ini kesimpulan sementara berdasarkan klaim pabrikan lho, yang biasanya didasarkan pengukuran tenaga dan torsi dari mesin. Trus gimana power dan torsi on wheel kedua bebek super diatas. Kebetulan keduanya pernah diuji menggunakan dynamometer merk DYNOmite di bengkel yang sama yaitu Ultraspeed Racing (UR) di Jl. H. Mencong No.42, Ciledug, Tangerang. Nah trus hasilnya gimana? Honda CS 1 masih digdaya dari sisi power dengan hasil 11,90hp/9348rpm dibanding dengan Yamaha Jupiter MX 2011 yang hanya mampu mencetak hasil 10,57hp/7661rpm. Lalu bagai mana dengan torsinya?untuk urusan torsi Yamaha Jupiter MX lebih unggul sebesar 11,1Nm/4956rpm dibanding dengan kompetitornya yang hanya 9,073/8125rpm. Hasil tes dyno diatas seolah-olah ingin  menegaskan bahwa karakter mesin keduanya memang berbeda. Jupiter MX diuntungkan dengan torsi yang besar sehinga menyebabkan motor cepat berakselerasi di putaran bawah menengah apa lagi saat ini telah menggunakan gearbox 5 speed yang pastinya lebih gesit lagi berakselerasi, sedangkan honda CS 1lebih beringas di putaran atas yang menjadikan motor ini lebih memiliki aura sport yang lebih sering bermain di putaran atas. Dari konsumsi bahan bakar Jupiter MX yang mesin nya lebih torque seharusnya lebih irit karena tidak perlu membetot gas terlalu dalam motor udah langsung ngacir. Berbeda dengan CS1 yang butuh putaran mesin lebih tinggi untuk mencapai peak powernya, namun mengingat volume Mesin CS1 yang lebih kecil disinyalir juga lebih efisien dalam konsumsi bahan bakar.

Sumber:

http://ototest.otomotifnet.com
http://mymotobike.com/

15 Comments

Filed under Otomotif

15 responses to “Komparasi Mesin New Jupiter MX 2011 VS Honda CS1

  1. rahmats

    weleh2 selisih powernya ternyata besar, setelah diukur dg nyata,ktauan mana yg lbh ngibul

  2. anang

    pengukuran pabrikan biasanya di kruk as, blum melewati mekanisme transfer tenaga pada kopling & gir ratio. emang mx banyak kasus kopling mudah angus terbakar. terbukti tranfer power mx jelek, power di kruk as ama roda selisihna besar..

  3. Sams

    CS 1 boros broo, lebih haus minum bensin dari pada MX, tp memang putaran atasnya jawara.

  4. president indonesia

    @sams, sya menggaris bwahi omongan anda kta anda honda ksyganku ini boross dnger baik2 n fkta bbicara klo jmx lah yg boros kl gk pcya ayo ksni k istana negara, biar aku buktiin skalian bawa ma spdanya.
    trima mksih

  5. ihyugha

    kalo buwat balapan di trek lurus jupiter mx sama cs1 menang mana ea??????????????

  6. Sams

    Kalo trek lurus diatas 500 m megang CS1 gan, mesin CS1 nafasnya ga habis-habis top speed 128Kpj standart kalo mau ganti knalpot freeflow bisa tembus 133kpj edan bnr..
    MX menang torsi enak buat selap selip di perkotaan

  7. syagi

    @ Dew jangan asal ngomong gan.kalo mau ayo kita test

  8. ner bikers

    selama ini gw pake honda karena memang jatah kantor honda semua, tapi kemarin coba beli yamaha mx 2011 ternyata memang jauh lebih enak mesin lebih halus bodi lebih kokoh. lagian test nya kok rpmnya beda??? harusnya ukur tenaga di rmp yg sama dong… sebenarnya honda bagus kalau yg diluar sono yang di mari kan pada sdh di down spec semua. cs 1 aja akan sebenarnya honda nova yg ga laku trus ganti body doang teknologi tahu 80an…

  9. Sams

    @ ner bikers
    Jupiter MX beda desain mesin dgn CS1 bro, MX overstroke mempunyai torsi yang besar dan peak power di RPM yang rendah. Beda dengan CS1 yang overbore peak powernya di putaran tinggi… Honda nova merupakan produk sukses bro, untuk engine Nova 4tak dibuat tahun 2000, sebelumnya menggunakan mesin 2 tak 110 cc. Nova sonic termasuk motor tercepat untuk bebek di bawah 150 cc. Saingan terberat Nova Sonic sebenarnya adalah suzuki Rider 125, dibekali tehnology DOHC. Namun ternyata masih belum mampu menyaingi sonic sampai2 Suzuki frustasi dan meningkatkan kubikasi menjadi 150cc. Sedangkan Yamaha sediri juga mencoba melawan dengan mesin T135 yang digunakan pada MX sekarang, namun tetap saja Mesin CS 125 masih susah di tandingi walaupun udah di downgrade olah AHM, disinyalir faktor karburator dan 2klep yang besar membuat CS1 lebih efisien dibanding 4 valve nya jupi MX.

  10. difta58

    motor punya karakter berbeda beda…

    cs1 top spedd yag di andalkan
    jupiter mx akselerasi yang d utamakan…jadi tinggal si bro ajj ne yang bisa memilih mana yang terbaik…kalo dari segi kekuatan gak jauh bedalah…namanya juga beda pabrikan…ya pasti beda karakter pendesain…
    mx cs1 sama2yahud lah…

  11. jogja ninja comunity

    alaaahh busyyit smua motor banci aja di omelin gk penting banged!!!
    enakan ninja 4 tak gua.,,,!!! yg lain maahhhh.,,gk ada yg nyelippp.,!! ahahahhaha bancii
    😛

  12. wani ura kwi ninja d tantang cbr 250?

  13. Mechanic

    cs1 itu pakek mesin turunan dari sonic yang terkenal kenceng sedang MX mesinnya sendiri dari awal cm ada perubahan dikit dari sisi perhitungan power dan torsi…..kalo untuk top speed ya CS1 sedang torsi unggul MX

Leave a comment